Peranan Tour Leader Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Dalam Pt. Widy Cahaya Cemerlang Kertas Karya. Sang : Saorlina Berasa

Peranan Tour Leader Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Dalam Pt. Widy Cahaya Cemerlang Kertas Karya. Sang : Saorlina Berasa

SAORLINA BERASA 152204043

PROGRAM STUDI D-III PERJALANAN WISATA FAKULTAS ILMU BUDAYA

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN

PERANAN TOUR LEADER DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PADA PT. Paket Wisata Tour WIDY CAHAYA CEMERLANG

SAORLINA BERASA 152204043

Mukhtar, S.Sos., S.Par., MA NIP 19580615 198703 1 003

Disetujui oleh Program Studi D-III Perjalanan Wisata Fakultas Ilmu BudayaUniversitas Sumatera Utara (USU) Medan Sebagai Kertas Karya buat Diploma

Drs. Jhonson Pardosi, M.Si., Ph. D Mukhtar, S.Sos, S.Par, M.A NIP 19660420 199203 1 003 NIP 19580615 198703 1 003

PanitiaUjianFakultasIlmuBudayaUniversitasSumateraMedan,untukmelengkapisalahsatusyaratujianDiplomaFakultasIlmuBudayadalamPerjalananWisatapadaFakultasIlmuBudaya,UniversitasSumateraUtaraMedan.

Hari/Tanggal: Selasa, 27 November 2018

Fakultas Ilmu BudayaUniversitas Sumatera UtaraDekan,

Dr. Budi Agustono, M.SNIP 19600805 198703 1 001

1. Drs. Jhonson Pardosi, M.Si , Ph.D(……….)2. Mukhtar., S.Sos., S.Par., M.A(……….)tiga. Dr. Asmyta Surbakti, M.Si(……….)

DenganinisayamenyatakanbahwadalamTugasAkhirinitidakterdapatkaryayangpernahdiajukanuntukmemperolehgelarAhliMadyapadasuatuperguruantinggi,dansepanjangpengetahuansayajugatidakterdapatkaryaataupendapatyangpernahditulisatauditerbitkanolehoranglain,kecualisecarayangtertulisdiacudalamnaskahinidandisebutkandalamdaftarpustaka.Apabilapenyataanyangsayabuatinitidakbenar,makasayabersediamenerimasanksiberupa pembatalan gelar Ahli Madya yg aku peroleh.

Tour leader adalah seseorangyang dianggap sang biro bepergian atau travel untuk menjadipemimpindisuatuperjalananatautouryangdilakukanolehwisatawan.

Tourleadermempunyaiperananyangsangatpentingdalammeningkatkan kunjunganwisatawandiPT.WidyCahayaCemerlang,agardapatmemenangkanpersainganpadaduniaindustripariwisatadikotaMedan.TujuanpenelitianKertaskaryainiadalahuntukmengetahuiperanantourleaderyangdilaksanakanoleh perusahaaandalammeningkatkankunjunganwisatawan.Metodepenelitianyangdigunakanadalahdengancaramelakukanpengamatansecaralangsungdenganpemilik perusahaan. Hasil penelitian Kertas karya ini adalah bagaimana peranan tour leaderpadaPT.WidyCahayaCemerlanguntukmeningkatkankunjungan wisatawan.

Keyword:Peranan,TourLeder,PT.WidyCahayaCemerlang,kunjungan wisatawan

Puji syukur pada Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan berkat dan karunia-Nya penulis bisa menyelesaikan kertas karya ini. Kertas karya ini adalah tugasakhiruntukmelengkapipersyaratanmencapaigelarDiplomaIIIPariwisataBidangKeahlian Usaha WisataFakultas IlmuBudaya Universitas Sumatera Utara. Adapunjudulkertaskaryainiadalah:“PerananTourLeaderdalamMeningkatKunjungan Wisatawan”.

Dalammenyelesaikankertaskaryaini,penulisbanyakmendapatbantuan,dorongan,semangatdanmotivasiyangpenulisterimadariberbagaipihak.Padakesempatan ini menggunakan rasa bangga penulis menyampaikan rasa terimakasih kepada :1.BapakDr.BudiAgustanto,MS.,selakuDekanFakultasIlmuBudaya

dua.BapakDrs.JhonsonPardosiM.SI,Ph.D.,selakuketuaprogramD-IIIPariwisataFakultasIlmuBudayaUniversitasSumateraUtaradansebagaidosen pembaca yang telah banyakmemberikan pengarahan-pengarahan dansaran selama penulis menyusun kertas karya ini.

tiga.BapakSolahuddinNaution,S.E,MSP.,selakukoordinatorperaktekprogamstudi Pariwisata Bidang Usaha Wisata.

4.BapakMukhtar,S.Sos.,S.Par.,MAsebagaiDosenpembimbingyangtelahberbaik hati dan bersabar membimbing, mengajari & mengarahkan penulishingga penulis dapat merampungkan kertas karya ini.

lima.StafpengajarpadaProgramStudiPariwisataFakultasIlmuBudayaUniversitas Sumatera Utara.

6.KepadaayahandatercintaBBerasadanibundatercintaMbrBoangmanaluyangselalupenulisbanggakanyangtelahmemberikankasihsayang,doa,motivasi, nasihat, materi dan dukungannya kepada penulis.

7.Kakakdanadekyangpenulissayangi,kakNurmaBerasa,kakNurmaidaBerasa,kakLitnaidaBerasa,danAdekKasimboBerasa,adekSarulituaBerasayangtelahmemberikansemangat,motivasi,doadandukungannyakepada penulis.

8.Kepadateman-temansatuorganisasiIkampus(ikatanMahasiswapakpakusu),teman-temansatuangkatanusahaperjalananwisata2015danjugasahabat-sahabatku yang tidak sanggup disebutkan satu persatu yang selalu penuliskenang dalam kebersamaan kita sewaktu perkuliahan & pada luar perkuliahan.

Akhir istilah penulis mengucapkan terima kasih yg sebesar-besarnya kepadasemuapihakyangtelahmembantupenulisdalammenyelesaikankertaskaryaini.

Semoga kertas karya ini berguna bagi penulis dan semua pihak yg membaca.

Saorlina Berasa152204043

KATA PENGANTAR… ii

DAFTAR ISI… iv

DAFTAR GAMBAR… vii

DAFTAR TABEL … viii

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang…1

BAB II URAIAN TEORITIS 2.1 Pengertian Pariwisata …7

2.dua Pengertian Biro Perjalanan …8

dua.tiga Pengertian Perananan tour leader …9

dua.4 Pengertian Tour Leader…10

2.5 Pengertian Paket Wisata…11

BAB III GAMBARAN UMUMPT. WIDY CAHAYA CEMERLANG tiga.1 Sejarah Singkat PT. Widy Cahaya Cemerlang…14

tiga.dua Visi Dan Misi PT. Widy Cahaya Cemerlang…16

tiga.tiga Struktur Organisasi PT. Widy Cahaya Cemerlang…17

3.3.1. Struktur PT.Widy Cahaya Cemerlang…17

3.3.dua. Uraian tugas PT.Widy Cahaya Cemrlang…17

tiga.4 produk yng pada tawarkan PT.Widy Cahaya Cemerlang…19

BAB IVPEMBAHASAN 4.1 Peranan Tour Leader pada PT.Widy Cahaya Cemerlang …20

4.1.1. Peran Tour Leader dalam Membawa Rombngan…20

4.1.2 Peran Tour Leader waktu Dirumah Makan…21

4.1.tiga Peran Tour Leader pada Akomodasi…22

4.1.4 Peran Tour Leader dalam Obyek Wisata…23

4.dua Tour Leader pada mempertinggi kunjungan wisatawan dalam PT.Widy Cahaya Cemerlang…25

lima.1 Kesimpulan…295.dua Saran…30DAFTAR PUSTAKA

Gambar 4.1 peranan Tour Leader saat pada Rumah Makan…22 Gambar 4.2 peranan Tour Leader dalam objek wisata…24

Tabel 3.1 Struktur Organisasi PT. Widy Cahaya Cemerlang …18

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Saatinikegiatanpariwisatatelahmenjadisalahsatukebutuhanpokokmanusiapadaumumnyayangdisesuaikandengantingkatpendapatanmasing-masingindividu.DiIndonesiaperansektorpariwisatatelahmulaimenarikperhatianmasyrakat, pertumbuhannya daritahun ke tahun sangat meyakinkan kita, semuanyaberkatkerjakerasyangtidakpernahlelah,baikolehpemerintah,pihakswastamaupun wargapada umumnya.

Pariwisatamerupakansuatuusahayangkompleks,halinidikarenakanterdapatbanyakkegiatanyangterkaitdalampenyelenggaraanpariwisata.Kegiatan-kegiatantersebutdiantaranyasepertiusahaperhotelan,usahakerajinantangan,usahaperjalanan, cinderamata dan bisnis-usaha lainnya. Usaha pariwisata dapata dikaitkandengan wahana pokok kepariwisataan yaitu perusahaan yg hayati dan kehidupannyasangat tergantung arus kedatangan orang-orang yg melakukan bepergian wisata.

Pariwisata telah menjadi industri yg mendunia dan suatu usaha yg semakinberkembang,Inimerupakansuatubukti keberhasilanpembangunanyangdilakukanpemerintahdansuatupertandabahwapendapatanmasyarakatjugasemakinmeningkat,sehinggabanyakdiantaramerekamenggunakanwaktuluangnyauntukmelakukan perjalanan wisata, di pada juga ke luar negeri. Meningkatnya orang-orangmelakukanperjalananwiasataitu menuntutpulapeningkatanpelayananBiroPerjalananWisataUmum,TravelAgentdanAgenperjalanan.Dapatdilihatdari

jumlah biro perjalanan wisata (BPW) yg beroprasi mencapai jumlah tiga.190 tempat kerjacabang yang tersebar di semua Indonesia.

TravelAgentmerupakansuatukegiatanusahayang bersifatkomersial yang mengatur,& menyediakanpelayanan bagiseseorang,sekelompokorang,untukmelakukanperjalanandengantujuanutama berwisatatermasukkelengkapanperjalanannya,darisatutempatketempatlain,baikdalamnegerimaupunluarnegeri, sepertiTravel Agentyang berada pada Medan, salahsatunyaPT.Widy Cahaya Cemerlang.

PT.WidyCahayaCemerlangmerupakanperusahaantourdantravelyang menjualberbagaiprodukkebutuhanyangberkaitandenganperjalananwisata.

ProdukyangditawarkanolehPT.WidyCahayaCemerlangdiantaranya,TiketPesawat,ReservasiHotel,UmrahdanHajiPlus,MobildanBusPariwisata,Family Gathering, Outbound & Inbound, Kunjungan Kerja & Mice, selain itu PT. Widy Cahaya Cemerlang pula memperlihatkan paket wisata.

Leave a Reply