Pengertian Jasa (service), Karakteristik, Jenis, & Misalnya

Pengertian Jasa (service), Karakteristik, Jenis, & Misalnya

A. Pengertian Jasa (Service)Jasa (service) dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan, 1. perbuatan yg menaruh segala sesuatu yg diperlukan orang lain; layanan; servis; dua. aktivitas, kemudahan, manfaat, & sebagainya yg dapat dijual kepada orang lain (konsumen) yg memakai atau menikmatinya.

Secara generik, pengertian jasa merupakan suatu aktivitas atau tindakan yg tidak berwujud, nir bisa diraba tetapi dapat diidentifikasi, yang direncanakan & dilaksanakan buat memenuhi permintaan dan kepuasan konsumen. Jasa (layanan/service) pada ilmu ekonomi merupakan aktivitas ekonomi yang melibatkan sejumlah hubungan menggunakan konsumen atau menggunakan barang-barang milik, namun nir membentuk transfer kepemilikan.

Dengan istilah lain, pada proses membuat jasa, bisa menggunakan atau nir menggunakan barang berwujud. Meskipun dalam membuat jasa membutuhkan barang berwujud, akan tetapi nir terjadi pemindahan hak milik atas barang tadi.Jasa Menurut Para Ahli1. Christian Gronross, jasa adalah suatu proses yang terdiri atas serangkaian aktivitas intangible yang umumnya terjadi dalam hubungan antara pelanggan dan karyawan jasa & atau sumber daya fisik atau barang dan atau sistem penyehttps://www.jasaservice.web.id dia jasa, yang disediakan menjadi solusi atas kasus pelanggan.2. Phillip Kotler, jasa adalah seluruh tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan sang suatu pihak ke pihak lain yang secara prinsip intangible & tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apa pun. produksinya sanggup terkait & sanggup pula nir terikat dalam suatu produk fisik.tiga. Adrian Payne, jasa adalah suatu aktivitas ekonomi yg terdiri berdasarkan sejumlah elemen (nilai atau manfaat) intangible yang berkaitan dengannya, yg melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau menggunakan barang-barang milik, tetapi nir membuat transfer kepemilikan.4. Djaslim Saladin, jasa merupakan seluruh kegiatan atau manfaat yang ditawarkan oleh suatu pihak pada pihak lainnya dan pada dasarnya tidak berwujud, serta nir membuat kepemilikan sesuatu.lima. Ratih Hurriyati, jasa adalah suatu aktivitas ekonomi dengan output selain produk pada pengertian fisik, dikonsumsi & diproduksi pada waktu bersamaan, menaruh nilai tambah & secara prinsip nir berwujud (intangible) bagi pembeli pertamanya.

B. Karakteristik Jasa (Service)Empat ciri jasa Payne (2001:9) yang paling tak jarang dijumpai di antaranya,1. Tidak berwujud, jasa bersifat abstrak dan tidak berwujud, berarti jasa tidak dapat dipandang, dirasakan, dicicipi atau disentuh seperti yg dapat dirasakan dari suatu barang. 2. Heteregonitas, jasa merupakan variabel non – standar & sangat bervariasi. Artinya, lantaran jasa itu berupa suatu unjuk kerja, maka nir terdapat hasil jasa yg sama walaupun dikerjakan oleh satu orang. Hal ini dikarenakan sang hubungan manusia (karyawan & konsumen) menggunakan segala perbedaan harapan & persepsi yang menyertai interaksi tadi. 3. Tidak bisa dipisahkan, jasa umumnya dihasilkan & dikonsumsi pada waktu yang bersamaan, menggunakan partisipasi konsumen dalam proses tadi. Berarti, konsumen harus berada pada loka jasa yg dimintanya, sehingga konsumen melihat dan bahkan ikut ambil bagian pada proses produksi tadi. 4. Tidak tahan lama, jasa tidak mungkin disimpan pada persediaan. Artinya, jasa tidak bisa disimpan, dijual pulang pada orang lain, atau dikembalikan pada penghasil jasa pada mana dia membeli jasa.

Karakteristik jasa berdasarkan Kotler & Keller pada antaranya,1. Tidak berwujud, tidak sinkron berdasarkan produk fisik, jasa tidak dapat ditinjau, dirasa, diraba, didengar, atau dicium sebelum dibeli.dua. Tidak terpisahkan, umumnya jasa dihasilkan dan dikonsumsi secara bersamaan. Hal ini nir berlaku bagi barang-barang fisik yg diproduksi, disimpan sebagai persediaan, didistribusikan melalui poly penjual, dan dikonsumsi lalu. apabila seorang menaruh jasa tadi, penyedianya merupakan bagian berdasarkan jasa itu. Karena klien tadi juga hadir pada waktu jasa itu didapatkan, interaksi penyediaan klien adalah ciri khusus pemasaran jasa. 3. Bervariasi, karena bergantung pada siapa memberikannya serta kapan & di mana diberikan, jasa sangat bervariasi.4. Tidak tahan usang, jasa nir dapat disimpan. Sifat jasa yang gampang rusak tadi nir akan sebagai masalah bila permintaan permanen berjalan lancar.

C. Jenis JasaSecara garis akbar jenis-jenis jasa bisa dibedakan menjadi Jasa Service beberapa macam pada antaranya, 1. Jasa Perawatan Pribadi, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini pada antaranya; pijat, perawatan kecantikan, salon, binatu sandang, & lain-lain.dua. Jasa Perumahan, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini di antaranya; kamar hotel, apartment, tempat tinggaltinggal, kost, & lainnya.3. Jasa Komunikasi, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini pada antaranya; telepon, telegram, personal komputer , internet.4. Jasa Usaha Rumah Tangga, beberapa yg termasuk pada jenis jasa ini pada antaranya; jasa tukang kebun, air minum, pemugaran rumah, dan lain-lain.5. Jasa Transportasi, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini pada antaranya; taxi, jasa pengiriman barang, jasa angkut barang, penyewaan mobil.6. Jasa Rekreasi dan Hiburan, beberapa yg termasuk pada jenis jasa ini antara lain; kebun binatang, taman bunga, tempat wisata, loka hiburan, & lain-lain.7. Jasa Bisnis & Profesi lainnya, beberapa yg termasuk pada jenis jasa ini di antaranya; jasa hukum, jasa akuntan, jasa pemasaran, dan lainnya.8. Jasa Asuransi, Bank dan Finansial, beberapa yang termasuk pada jenis jasa ini antara lain; perpajakan, iuran pertanggungan, perbankan, kredit.

D. Contoh Jasa1. Bisnis jasa: konsultan, keuangan, perbankandua. Perdagangan jasa: eceran, pemeliharaan & perbaikantiga. Jasa infrastruktur: komunikasi, transportasi4. Jasa personal/sosial: restoran, perawatan kesehatan5. Administrasi umum: pendidikan, pemerintah 

Ket. klik rona biru buat link

Materi Sosiologi Sekolah Menengah Atas1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab dua.1 Permasalahan Sosial pada Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)dua. Materi Sosiologi Kelas XI Bab dua.2 Pertarunga Sosial pada Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)3.Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.tiga Konflik Sosial pada Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)4.Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 2. Perseteruan Sosial (Kurikulum 2013)5.Materi Ujian Nasional Kompetensi Perseteruan Sosial

Leave a Reply