Makalah Alat Berat

Makalah Alat Berat

Alat berat yg kita kenal didalam ilmu teknik sipil adalah indera yg digunakan buat membantu manusia dalam melakukan pekerjaan pembangunan suatu struktur. Penggunaan alat berat yang kurang sempurna dengan kondisi dan situasi lapangan pekerjaan akan berpengaruh berupa kerugian diantaranya rendahnya produksi, nir tercapainya jadwal atau target yang sudah pada tentukan, atau kerugian perbaikan yang tidak semestinya. Oleh karenanya sebelum memilih tipe & jumlah alat-alat dan attachmentnya, haruslah dipahami fungsi & aplikasinya. Terdapat beraneka macam indera yg seringkali pada pakai pada pekerjaan konstruksi, tetapi yang akan dibahas pada makalah ini hanya alat-alat yang umum digunakan buat pekerjaan konstruksi sewa alat berat bali saja. Adapun alat-alat yg akan pada bahas tersebut adalah output survei terhadap Proyek Jalan Nasional Pembangunan Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai dan Pembangunan Pusat Oleh-sang KRISHNA. Yaitu diantaranya : Tower Crane, Excavator, Dump Truck, Bulldozer.

Dewasa ini penggunaan indera berat merupakan factor penting di pada proyek-proyek konstruksi dengan skala yg akbar. Pemilihan indera berat dilakukan dalam termin perencanaan, dimana jenis, jumlah, dan kapasitas indera serta fungsi adalah factor-faktor penentu. Untuk itu maka indera berat bisa pada klasifikasikan secara fungsional dan operasional indera berat.

Apa saja yg dimaksud dengan alat berat Tower Crane, Excavator, Bulldozer dan Dump Truck ?

Bagaimana cara menghitung produktivitas indera berat Tower Crane, Excavator, Bulldozer & Dump Truck ?

Bagaimana cara menentukan Analisa Harga satuan indera berat Tower Crane, Excavator, Bulldozer & Dump Truck ?

Bagaimana dengan RAB pengunaan alat pada proyek tadi ?

Mengetahui pengertian masing-masing alat berat.

Mengetahui syarat real alat berat di lapangan proyek.

Membuka wawasan tentang alaat berat.

Dapat menghitung produktivitas indera berat.

Menentukan harga satuan dan RAB.

Mengetahui waktu total penggunaan alat.

  Deskripsi Masing-Masing Alat

               Tower Crane adalah alat yang digunakan buat mengangkat material secara vertical & horizontal ke suatu tempat yg tinggi dalam ruang gerak yg terbatas. Tipe crane dibagi atas cara crane tersebut berdiri, yaitu crane yg berdiri bebas (free standing crane), crane pada atas rel (rail mounted crane), crane yg ditambatkan dalam bangunan (ted-in tower crane), & crane panjat (climbing crane).

               Bagian berdasarkan crane ini adalah mast (tiang primer), & counter jib, couterwight, trolly, dan tie ropes. Mast merupakan tiang vertical berdiri atas base atau dasar. Jib adalah tiang horizontal yg panjangnya dipengaruhi dari jangkauan yang diinginkan. Counter jib adalah tiang penyeimbang. Pada counter jib dipasangkan counter weight sebagai penyeimbang beban. Trolley merupakan alat yg berkecimpung sepanjang jib yang digunakan buat memindahkan material secara horizontal dan pada trolley tadi dipasangkan hook atau kait. Kait dapat berkecimpung secara vertical buat mengangkat material. Tie roper merupakan dawai yg berfungsi buat menunda jib agar tetap dalam kondisi klurus 90˚ terhadap tiang utama. Pada bagian atas tiang primer sebelum jib terdapat ruang operator & di bawah ruang tersebut terdapat sleewing ring yg berfungsi buat memutar jib. Selain itu pula terdapat climbing device yg adalah alat untuk menambah ketinggian crane.

Excavator (Mesin pengeruk) adalah salahsatu alat berat yang terdiri dari mesin di atas roda spesifik yang dilengkapi dengan lengan (arm), alat pengeruk (bucket), keranjang & tempat tinggaltempat tinggaldalam sebuah sarana putar dan digunakan buat ekskavasi (akskavasi). Biasanya digunakan buat menyelesaikan pekerjaan berat berupa penggalian tanah yg nir sanggup dilakukan secara pribadi sang tangan manusia. Pengertian ini didasarkanmenurut dari-usul excavator yang diciptakan menjadi alat penggali tanah untuk membangun rel kereta barah, serta dari kata “excavation” yg alamat linajaya berasal berdasarkan bahasa Inggris yang berarti “pengggalian” atau mesin penggali.Di Indonesia, excavator lebih acapkali dianggap Bego atau Beko, namun sebenarnya excavator bukan berarti bego. Kata bego dari dari bahasa Inggris dari kata “Backhoe”, yaitu excavator kecil yg ditempelkan pada bagian belakang mesin traktor, misalnya backhoe loader atau mesin traktor lainnya Rumah tempat tinggaldiletakan diatas kereta bawah yang dilengkapi Roda rantai atau Roda.

Ekskavator kabel menggunakan Winch dan Tali besi buat berkiprah. Ekskavator kabel merupakan perkembangan alami berdasarkan Penggaruk Uap & sering diklaim Power shovel. Semua gerakan dan fungsi dari ekskavator hidrolik menggunakan aksi cairan hidrolik , menggunakan silinder hidrolik & motor hidrolik. Dikarenakan pengaktifan secara linear oleh silinder hidrolik, maka mode operasi mereka tidak sama menggunakan ekskavator kabel.

Berikut dibawah ini penggunaan indera excavator :Menggali parit, lubang, pondasibangunanPenanganan MaterialMemotong semang dengan alatkhususPekerjaan kehutananPenghancuranPerataan tanahAngkut beratPertambangan,terutamaPertambangan pit terbukaPengerukan sungaiMenancapkan Batang pondasiTipe ekskavatorExcavator kompakExcavator draglineLong reach excavatorSteam shovelPower shovelSuction excavato

            Dump truck (dump truk) merupakan kendaraan jenis yg dipakai buat mengangkut bahan material misalnya pasir, kerikil atau tanah buat keperluan konstruksi. Dump truck dapat memindahkan material pada jarak menengah hingga jeda jauh (500 meter – up). Isi muatannya diisikan sang alat pemuat, sedangkan buat membongkar muatannya alat berat ini dapat bekerja sendiri menggunakan mengangkat bagian bak menggunakan menggunakan teknologi hidrolik.

Secara generik, dump truk dilengkapi menggunakan bak terbuka yg dioperasikan dengan bantuan hidrolik, bagian depan berdasarkan bak itu sanggup diangkat keatas dan bagian belakang bak berfungsi menjadi engsel atau sumbu putar sebagai akibatnya memungkinkan material yg diangkut mampu melorot turun ke loka yg diinginkan. Dump truck biasa digunakan dalam industri pertambangan buat memindahkan material output tambang ataupun material tanah. Kapasitas sebuah Off-Road Mining Dump Truck dipengaruhi oleh kapasitas dump body-nya.

Jenis-Jenis Dump TruckKendaraan alat berat dump truck terdiri berdasarkan 2 golongan bila dilihat berdasarkan akbar muatannya On High Way Dump Truck (muatan dibawahdari 20 m3)Off High Way Dump Truck(muatannya diatas 20 m3)

Berdasarkan berukuran muatan: 1. Ukuran kecilMemiliki kapasitas angkut maksimum 25 ton.dua. Ukuran sedangMemiliki kapasitas 25 hingga 100 ton.tiga. Ukuran besar Kapasitas muatannya lebih menurut 100 ton

Bulldozer merupakan traktor yang mempunyai traksi besar . Unit ini bisa melakukan pekerjaan menggali, menggusur, meratakan,menarik dan dapat dioperasikan dalam medan yang berlumpur, berbatu, berbukit & pada wilayah yang berhutan. Pada ketika pembukaan lahan pertambangan yang baru, maka unit bulldozer inilah yg pertama kali diterjunkan buat proses land clearing.

              

Pekerjaan yg dilakukan oleh unit bulldozer ini seperti ditunjukkan pada gambar pada bawah ini.

Pada gambar sebelah kiri ditunjukkan, pekerjaan unit waktu melakukan mutilasi tanah yg memiliki structure yg keras (cutting hard ground).

Kemudian pada gambar sebelah kanan ditunjukkan posisi saat pekerjaan dozing (mendorong) material tanah yg akan dipindahkan.

Untuk gambar di sebelah kiri, ditunjukkan posisi unit waktu melakukan smoothing operation (perataan permukaan tanah).

Kemudian buat gambar kanan, ditunjukkan pekerjaan unit saat merobohkan pohon waktu melaksanakan proses land clearing.

dua.1. Analisis Penggunaan Alat

Survey indera berat di PT Tunas Jaya. Proyek pembangunan krisna sang-sang

Alat berat yang di pakai pada proyek krisna sang-oleh

Tower crane ( mengangkat barang-barang & material ke lantai first, second and third) januari-juli 500 juta /bulan. Nyewa sekalian operatornya terdapat 2 shif

Kerusakan ditanggung yg mempunyai alat. Tc menggunakan jenset

Jenis TC 2500 kpa tc 45 meter. Beban aporisma tiga ton . kerja tower crane sepanjang yg diharapkan pada aktivitas proyek. Paling berat yang pernah diangkat beban 1,75 ton.

48 are luas proyek & 5 lantai.

Awalnya tower crane sempat mengalami kendala pada mesin. Namun secepatnya diperbaiki sang pemilik tower crane. Tc thn 1986 buatan prancis. Tc yang dipakai hanya 1 lantaran meminimalisir pembengkakan biaya .

Concrete pump. milik tunas jaya.

 Tunas jaya punya devisi peralatan

2.2. Proyek Pembangunan Jalan Nasional,

Leave a Reply